Mekanisme Pemasangan
E-mail Print PDF

Rangkaian Dasar Talang Air Rumah

Rangkain Dasar Talang Air Rumah

 

Kemiringan
Agar air mengalir kemiringan talang perlu di perhatikan. Perhitungannya adalah setiap 5 m talang terdapat kemiringan antara 1,5 – 3 cm. Kemiringan dapat ditentukan dengan menggunakan waterpass atau selang air.

Corong
Corong ditempatkan disetiap 10 m talang. Agar air mengalir menuju corong, posisi corong harus lebih rendah. Terdapat 2 macam desain penempatan corong.

Pertama dengan menempatkan 2 corong di ujung talang. Kedua ujung talang lebih rendah dari pada titik tengah talang. Jadi air yang jatuh ke tengah talang akan dialirkan ke kanan dan kiri.

Kedua, cara ini corong ditaruh ditengah talang. Karena ujung talang yang lebih tinggi, maka air akan bergerak ke tengah.

Jika posisi Corong telah ditentukan, Gergaji digunakan untuk melubangi bagian tersebut. Untuk merakit Corong, di Corong terdapat ujung lipat yang masuk ke lingkaran kecil talang. Proses akhir adalah melipat ujung, untuk mengunci Corong pada talang.

Spacer Vs Lisplang
Ada 2 macam lisplang, lisplang dengan kemi ringan 40° dan 60°. Spacer yang asli didesain untuk lispalng dengan kemiringan 40° (gambar A). Jadi tidak perlu dimodifikasi.

Untuk kemiringan 60°, ujung Spacer paling bawah perlu dipotong dan ujung atas nya perlu dibengkokan (gambar B). Seberapa banyak yang dipotong dan yang dibengkokkan disesuaikan dengan kebutuhan.

Mekanisme Pemasangan